Olahraga Lari, Apa Saja Sih Manfaatnya?

Akhir-Akhir ini olahraga lari semakin banyak peminatnya, pastikan kamu tau apa saja manfaat dari olahraga lari. Berikut penjelasannya

Olahraga Lari, Apa Saja Sih Manfaatnya?
Ilustrasi Olahraga Lari, Gambar : Sherise VD / Unsplash.com

BaperaNews - Olahraga lari kini semakin banyak peminatnya setelah olahraga sepeda. Para milineals, mengganggap olahraga lari tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, namun juga bagian dari gaya hidup sehari – hari.

Kalian bisa lihat di taman – taman kota yang kini banyak didatangi para penggemar olahraga lari. Sebenarnya apa sih Manfaat dari olahraga lari? Kalian bisa simak dari penjelasan di bawah ini :

1.Dengan Lari, Penuaan Otak Menjadi Lebih Lambat

Melakukan aktivitas olahraga lari secara rutin, ternyata mampu memperlambat proses penuaan organ otak. Dalam hal ini, berarti timbulnya pikun juga bisa dicegah. Karena pada dasarnya penuaan otak berpengaruh pada pola pikir dan sering ditandai dengan menurunnya kemampuan berpikir serta pikun.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh King’s College Londong, ternyata penundaan penuaan pada otak dipengaruhi oleh kuat tidaknya bagian otot kaki. Semakin kuat otot kaki, maka penuaan otak pun juga menjadi semakin melambat. Nah ini alasan mengapa olahraga lari baik untuk menghambat penuaan otak.

2.Peningkatan Terhadap Sel – Sel Sehat

Di dalam tubuh kita, banyak terdapat sel – sel yang bekerja dalam mendukung metabolisme tubuh. Namun, tidak semua sel yang ada tersebut dalam kondisi sehat. Untuk menciptakan sel – sel sehat tersebut, melakukan olahraga lari sangatlah baik.

Tak hanya lari, semua aktivitas yang mengandalkan gerakan kaki bisa memicu untuk mengirim sinyal ke bagian otak dan selanjutnya bisa mendukung produksi sel – sel yang sehat.

3.Memaksimalkan Fungsi dari Saraf Pusat

Aktivitas kaki yang buruk, bisa menghambat produksi sel di dalam tubuh. Dari penelitian menunjukkan bahwa olahraga lari yang memicu gerak kaki, mampu merangsang fungsi dan kinerja saraf pusat menjadi lebih optimal. Munculnya stres dalam diri juga bisa dihindari dengan rutin olahraga lari, sehingga pikiran – pikiran positif bisa timbul dan memberikan pengaruh baik pada sistem saraf pusat.

4.Membantu Meningkatkan Memori

Dari studi yang dilakukan pada di salah satu universitas di Columbia, olahraga lari mampu merangsang peningkatan ukuran pada hippocampus. Ini artinya, memori otak kalian bisa semakin meningkat.

5.Mendukung Proses Metabolisme

Jumlah oksigen dalam tubuh bisa semakin berkurang karena jarang olahraga. Dengan melakukan aktivitas olahraga lari, bisa membantu memenuhi kadar oksigen dan melepaskan tenaga sehingga proses metabolisme tubuh bisa berjalan dengan baik.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan dari olahraga lari. Begitu banyak hal positif yang bisa kalian dapatkan dari lari, jadi bisa kalian coba lakukan danaa buktikan sendiri manfaatnya.