NASA Temukan Planet Baru: Menyimpan Udara Mirip Bumi dan Bisa Dihuni Manusia

NASA menemukan planet baru yang disebut sangat mirip dengan bumi, bisa menyimpan udara dan dapat dihuni oleh manusia.

NASA Temukan Planet Baru: Menyimpan Udara Mirip Bumi dan Bisa Dihuni Manusia
NASA Temukan planet baru yang diduga menyimpan udara mirip Bumi dan bisa dihuni manusia. Gambar : unsplash.com/Dok. NASA

BaperaNews - NASA temukan planet baru yang disebut sangat mirip dengan bumi, planet tersebut berada di galaksi lain, diduga menyimpan udara seperti bumi. Planet tersebut diberi nama TOI 700 e”.

Astronom yang mengamatinya ini sedang membandingkannya dengan Venus dan Mars yang juga bisa menahan udara di permukaannya.

Astronom optimis planet tersebut memang menyimpan udara dan bisa dihuni manusia. “Kami pertama kali melihatnya dan kami berpikir seperti, apakah ini nyata?” tutur Astronom dari NASA Emily Gilbert pada Jumat (13/1).

Emily Gilbert dan teman-temannya memperkirakan ukuran TOI 700 e lebih besar 95% dari bumi, dari susu teksturnya, kemungkinan berbatu dan mengorbit tiap 28 hari bumi. Planet tersebut juga diduga terkunci selama pasang surut, sebab selalu menunjukkan sisi yang sama di bintangnya alias tidak melakukan rotasi.

Dua orang NASA temukan planet mirip bumi dengan nama "TOI 700 e", sebelumnya juga pernah ditemukan planet serupa yang diberi nama TOI 700 d. Penemuan terjadi oleh pesawat antariksa pemburu planet bernama TESS (Transiting Exoplanet Survey Satellite).

Baca Juga : NASA Umumkan Manusia Akan Tinggal dan Kerja di Bulan Sebelum 2030

TESS telah meluncur ke luar angkasa sejak tahun 2018, TESS menemukan TOI 700 d di tempat yang layak dihuni manusia usai melakukan pengamatan selama sebulan penuh, dengan mencari penurunan di kecerahan yang bisa mengindikasi adanya planet atau bintang diantara teleskop.

Dengan alat tersebut, astronom juga bisa memperkirakan seberapa besar ukuran planetnya.Emily Gilbert dkk saat ini masih terus mengamati TOI 700 e, untuk mengetahui karakteristik lebih luas dari planet baru tersebut. Mereka berharap bisa menentukan massa keempat planet di sistem.

“Jika bintang itu lebih dekat atau planetnya lebih besar, kita bisa temukan TOI 700 e di tahun pertama data TESS” pungkasnya.

Selama ini tata surya memang selalu menarik perhatian, banyak yang tersimpan di dalamnya yang sulit untuk diketahui manusia.

Manusia selalu berpikir apa ada tempat lain di tata surya ini yang bisa ditinggali sebagaimana di bumi, juga apakah ada makhluk lain seperti alien di luar angkasa. Hingga kini hal itu masih jadi teka-teki, para ilmuwan terus berusaha untuk meneliti sebesar-besarnya apa yang ada dan terjadi di luar angkasa.

Baca Juga : NASA Jelaskan Potensi Matahari Terbit Dari Barat, Tanda Kiamat?