Mengenal Pohon Pelangi, Salah Satu Pohon Terindah di Indonesia

Siapa yang menyangka ternyata indonesia memiliki pohon terindah yaitu pohon pelangi yang berada diberbagai daerah seperti Papua Nugini, Sulawesi, Maluku dan Pulau Seram

Mengenal Pohon Pelangi, Salah Satu Pohon Terindah di Indonesia
Mengenal Pohon Pelangi, Salah Satu Pohon Terindah di Indonesia. Gambar : orbitmetro

BaperaNews - Siapa sangka, Indonesia punya pohon menarik yang menyuguhkan warna layaknya pelangi. Karena warnanya yang mirip dengan pelangi, pohon ini disebut sebagai pohon pelangi oleh masyarakat Indonesia.

Beragam warna yang menyelimuti kulit pohon pelangi tersebut membuatnya indah dan memanjakan setiap pasang mata yang memandang. Pohon pelangi ini kerap kali dijadikan sebagai spot foto menarik yang instagrammable.

Jenis pohon pelangi ini ialah Eucalyptus deglupta yang mana memiliki perpaduan warna yakni biru, hijau, kuning, coklat, merah dan warna lainnya. Warnanya pun tersebar merata mulai dari bagian akar hingga ujung batang.

Pohon pelangi tersebut cenderung memiliki ukuran yang besar dan tinggi. Dilansir dari website resmi Indonesia.go.id, setiap tahunnya terdapat penambahan tinggi mulai dari 2 meter hingga 3 meter. Jika dilihat dari jarak yang cukup jauh, pohon pelangi ini tampak berbaris rapid an berdiri tegak. Nyaris tak ada bengkokan pun pada bagian batang utamanya.

Karakteristik dari permukaan kulit kayunya tampak licin. Fakta ini lebih terlihat jelas setelah turun hujan. Bagian permukaan batang akan tampak lebih licin daripada saat dalam keadaan kering. Kemudian untuk karakteristik daun pohon pelangi menyerupai aroma dari daun minyak kayu putih. Agar aromanya bisa semakin kuat, kalian bisa melakukan remasan pada daunnya tersebut.

Kulit kayu dari pohon pelangi ini, kerap kali dimanfaatkan untuk produksi bubur kertas (pulp). Sedangkan batangnya yang lurus banyak dimanfaatkan untuk penunjang konstruksi bangunan.

Untuk bisa menemukan dan jumpa dengan pohon pelangi ini, kalian bisa menyusuri hutan hujan yang terletak di dataran rendah atau pun hutan pegunungan rendah dengan ketinggian setidaknya berada 1.200 meter di atas permukaan laut.

Pohon pelangi ini bisa tumbuh subur pada suhu 13 derajat celcius hingga suhu 25 derajat celcius. Pohon pelangi merupakan salah satu pohon endemik di Indonesia. Penyebaran pohon pelangi berada di daerah Papua, Papua Nugini, Sulawesi, Maluku dan Pulau Seram.

Namun buat kalian yang tinggal di Pulau Jawa, ternyata ada juga kok, tak perlu jauh – jauh ke ujung timur Indonesia. Kalian bisa menemukannya di Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK). Lokasi tepatnya berada di Sumberwringin, Desa Wringinanom, Kecamatan Sukosari, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.