Marc Marquez Divonis Lumpuh Saraf Mata & Absen di MotoGP Valencia

Marc Marques harus absen di MotoGP Valencia karena divonis mengidap penyakit diplopia atau lumpuh saraf mata, diduga ini karena Kecelakaan yang menimpanya pada 30 Oktober 2021 lalu.

Marc Marquez Divonis Lumpuh Saraf Mata & Absen di MotoGP Valencia
Marc Marquez Divonis Lumpuh Saraf Mata & Absen di MotoGP Valencia. Gambar : Pablo Morano/Reuters

BaperaNews - Pada race terakhir motoGP 2021 di Valencia, Marc Marquez dipastikan absen. Ketidakhadirannya tersebut merupakan dampak dari insiden yang dialaminya pada 30 Oktober 2021 lalu, yakni adanya gangguan penglihatan yang dideritanya.

Kecelakaan yang menimpanya pada 30 Oktober 2021 lalu, menyebabkan Marc Marquez terkena gegar otak ringan dan terpaksa harus absen pada race terakhir motoGP 2021 di Valencia.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh Marc Marquez pada hari senin, 08 November 2021 menyatakan bahwa dirinya kini tengah mengidap diplopia. Penyakit diplopia sendiri merupakan sebuah penyakit dengan gangguan penglihatan ganda. Masalah penglihatan ganda juga pernah diderita Marc Marquez pada tahun 2011 silam.

Mau tidak mau, pembalap asal Spanyol Marc Marquez terpaksa harus absen dari perhelatan akbar balapan terakhir yang rencananya akan digelar di Valencia pada tanggal 14 November 2021 mendatang. Tim Repsol Honda juga mengiyakan dan memberikan pengumuman terkait tidak bisanya Marc Marquez mengikuti race terakhir tersebut.

“Pembalap yang datang dari tim Repsol Honda dipastikan tidak akan bisa ikut berpartisipasi di gelaran acara Grand Prix Valencia yang akan diselenggarakan pekan depan. Selain itu juga tidak bisa mengikuti serangkaian tes IRTA Jerez yang jadwalnya akan diselenggarakan pada tanggal 18 November dan 19 November 2021,” keterangan yang disampaikan secara tertulis oleh tim Repsol Honda.

Setelah melakukan pemeriksaan medis yang dijalani oleh Marc Marquez pada tanggal 02 November 2021 lalu, ia merasa tak enak badan dan sudah mengalami masalah penglihatan yang cukup serius sehingga tak bisa ikut race terakhir tersebut.

Karena berbagai masalah kesehatan yang dialaminya itu, membuat Marc Marquez harus memeriksakan dirinya lebih lanjut ke Dr. Sanchez Dalmau yang berada di Barcelona dan memvonis Marc Marquez mengidap penyakit diplopia.

Tak hanya itu saja, Dr. Sanchez Dalmau juga menjelaskan bahwa dirinya juga mengalami kelumpuhan saraf kanan keempat yang berkaitan dengan otot oblique superior bagian kanan. Kelumpuhan saraf ini ternyata sudah luka dari tahun 2011.

Dengan kondisi Marc Marquez yang tidak baik ini, membuat dirinya harus digantikan oleh pebalap penguji bernama Stefan Bradl yang mana juga akan ikut pada race MotoGP 2021 Algarve. Absen di race Valencia ini merupakan keempat kalinya Marc Marquez absen pada musim ini.