Mahasiswa Bau Badan, Dosen Di Aceh Keluarkan Surat Edaran Rajin Mandi

Dosen di Universitas Syiah kuala, Banda Aceh membuat Surat Edaran tentang rajin mandi untuk mahasiswa yang memiliki bau badan. Berikut isi Surat Edaran secara lengkap!

Mahasiswa Bau Badan, Dosen Di Aceh Keluarkan Surat Edaran Rajin Mandi
Dosen di Aceh keluarkan Surat Edaran rajin mandi usai ada mahasiswa yang bau badan. Gambar : Freepik.com/Dok. Freepik

BaperaNews - Bau badan seringkali mengganggu orang-orang yang ada di sekitar. Hal ini jadi perhatian serius pada dosen di Universitas Syiah kuala, Banda Aceh, membuat dosen mengeluh, menurut mereka, bau badan mahasiswa membuat proses belajar mengajar terhambat.

Kondisi tersebut akhirnya membuat pihak kampus membuat aturan tegas, membuat Surat Edaran tentang anjuran rajin mandi secara teratur bagi semua mahasiswa. Aturan tertuang pada SE Nomor B/885/UN11.1.4/4/LL/2022.

Surat Edaran dikeluarkan oleh Ketua Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Fakultas Teknik USK, Dr Laina Hilma. Total ada 16 cara yang dijelaskan untuk menekan dan menghilangkan aroma bau badan yang disebabkan aroma ketiak.

“Sehubungan dengan banyaknya mahasiswa yang memiliki masalah bau badan, padahal kegiatan belajar dan asistensi bersama dosen memberi banyak waktu untuk interaksi dengan orang lain, hal ini menimbulkan banyak keluhan dari dosen, terutama ketika asistensi. Mahasiswa perlu membaca panduan untuk mengurangi bau badan”.

“Mohon peringatan ini diperhatikan semua mahasiswa dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jurusan sangat berharap mahasiswa bisa memperhatikan kebersihan dan aroma tubuh selama proses belajar mengajar di kampus” bunyi Surat Edaran tersebut.

Baca Juga : Cerita Awal Mula Ratusan Mahasiswa IPB Terjerat Utang Pinjol

Adapun panduan yang dijelaskan ialah mandi teratur dengan sabun anti bakteri, mengeringkan tubuh dengan baik, memilih baju yang sejuk, mengganti baju dan pakaian dalam secara teratur, serta mengurangi makanan berminyak atau bawang.

Surat Edaran tersebut juga menganjurkan mahasiswa untuk memakai skincare yang bisa menjaga kebersihan ketiak agar tidak mengeluarkan bau badan yang mengganggu orang lain seperti deodorant, tea tree oil, atau daun sirih secara wajar, tidak berlebihan.

Tak lupa, Surat Edaran tersebut juga menghimbau agar mahasiswa berhenti merokok, sebab rokok juga membuat aroma tubuh kurang sedap, yang jelas mengganggu ketika berlangsung kegiatan belajar mengajar di kelas.

Pihak kampus berharap mahasiswanya bisa lebih memperhatikan kebersihan diri dimanapun terutama ketika berangkat ke kampus. Surat Edaran yang beredar kemudian viral, salah satunya diunggah oleh akun Instagram @infobandaaceh pada Rabu (16/11).

Surat Edaran Panduan Mengurangi Bau Badan. Gambar : Instagram/@infobandaaceh

Kepala Jurusan Dr Laina pun mengkonfirmasi kebenaran Surat Edaran tersebut. “Kuliah ialah majelis ilmu mulia yang harus kita jaga dengan kebersihan diri dan hati, jadi ini nasehat untuk anak-anak termasuk juga kami para pengajar. Saya mohon maaf jika ada yang kurang berkenan dengan SE ini” pungkasnya.

Baca Juga : Marak Jasa Joki Tugas Kuliah dan Skripsi, Ancaman Serius Untuk Kampus