Kasus Covid-19 Meningkat di Inggris, Sederet Laga Liga Inggris Ditunda

Peningkatan kasus covid-19 di inggris akhir-akhir ini sangat meningkat sehingga pergelaran Liga Inggris musim 2021-2022 harus ditunda. Berikut Informasi Lengkapnya !

Kasus Covid-19 Meningkat di Inggris, Sederet Laga Liga Inggris Ditunda
Gambar : twitter.com/ManUtd

BaperaNews - Peningkatan kasus Covid-19 yang akhir-akhir terjadi lagi seolah menjadi badai yang menghantam pergelaran Premier League yang merupakan pertandingan kasta tertinggi Liga Inggris, Musim 2021 – 2022. Klub-klub peserta dalam Premier League kembali menemukan kasus Covid-19 seiring dengan meningkatnya hasil tes positif di Inggris. 

Dilansir dari coronavirus.data.gov.uk, jumlah hasil positif Covid-19 mencapai angka 442.378 dalam tujuh hari terakhir hingga Kamis (16/12/2021).

Angkat tersebut meningkat 31,4 persen dengan rata – rata harian mencapai 88.376 kasus. Grafik dari hasil positif Covid-19 di Inggris mulai menunjukkan peningkatan pada November 2021. Peningkatan kasus Covid-19 di Inggris pun tercermin dalam pagelaran Liga Inggris musim 2021 – 2022.

Situasi ini pun kemudian berdampak terhadap jadwal pertandingan yang sedang padat. Dalam sepekan terakhir, Premier League telah menunda sederet laga. Dari penundaan laga Brighton & Hove Albion vs Tottenham Hotspur yang sebelumnya dijadwalkan berlangsung di Stadion Amex pada Minggu (12/12/2021)

Laga yang termasuk ke dalam matchweek ke-16 Liga Inggris ini ditunda setelah sejumlah pemain dan staf Tottenham Hotspur dinyatakan positif Covid-19. Pihak klub juga meminta pertandingan kontra Brighton dijadwalkan ulang menyusul situasi tersebut, dan pihak premier League mengabulkan nya.

Sebelum itu, alasan serupa juga membuat laga Tottenham vs Rennes pada fase grup UEFA Nations League, (Jumat (10/12/2021) dini hari WIB, mengalami penundaan.

Hingga yang terbaru, Tottenham kembali mengalami penundaan untuk laga kontra Leicester City yang termasuk dalam matchweek ke-17 Liga Inggris 2021-2022. Laga Leicester vs Tottenham itu siapanya dijadwalkan berlangsung di Stadion King Power pada Jumat (17/12/2021) dini hari WIB. 

Namun, beberapa jam sebelum kickoff, laga tersebut ditunda menyusul pengumuman resmi dari Premier League yang mengatakan adanya peningkatan kasus Covid-19 di kubu The Foxes, julukan Leicester City. Dengan demikian, Tottenham sudah gagal bertanding dalam tiga kesempatan beruntun akibat Covid-19.

Tak berhenti di situ, peningkatan kasus Covid-19 yang melanda sebagian klub peserta Liga Inggris juga mempengaruhi jadwal match week ke-18 pada akhir pekan ini. Awalnya, Premier League menunda laga Man United vs Brighton yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Old Trafford pada Sabtu (18/12/2021) malam WIB. 

Premier League dalam pengumumannya mengungkapkan adanya tambahan kasus Covid-19 di kubu Man United pada Kamis (16/12) sehingga mereka tak bisa menurunkan skuad pada laga kontra Brighton. Namun, setelah mempertimbangkan permintaan dari sejumlah klub yang sedang dilanda badai Covid-19, Premier League juga akhirnya menunda laga-laga lain pada matchweek ke-18.

Selain Man United vs Brighton, ada laga Southampton vs Brentford, Watford vs Crystal Palace, West Ham United vs Norwich City, dan Everton vs Leicester City.

Pihak Premier League menjelaskan bahwa kemungkinan untuk tetap menggelar laga akan ditentukan berdasarkan faktor, seperti kemampuan klub untuk menurunkan skuad, status, tingkat keparahan, potensi dampak Covid-19 di masing-masing tim, dan kemampuan para pemain dalam mempersiapkan serta memainkan pertandingan dengan aman.

Premier League juga akan meningkatkan protokol kesehatan seperti lebih sering melakukan tes Covid-19, mengimbau setiap pihak untuk mengenakan masker saat berada di dalam ruangan, dan memperhatikan himbauan social distancing.