Ini Kronologi Elkan Baggot Diperintahkan Karantina Mendadak, Dipastikan Absen Dalam Laga Piala AFF Indonesia vs Vietnam

Duta Besar Republik Indonesia menyampaikan terkait kronologi Elkan Baggot yang diperintahkan untuk menjalani karantina dan dipastikan absen dalam laga Piala AFF Indonesia VS vietnam, Pada Rabu (15/12 ).

Ini Kronologi Elkan Baggot Diperintahkan Karantina Mendadak, Dipastikan Absen Dalam Laga Piala AFF Indonesia vs Vietnam
Elkan Baggott dikabarkan harus menjalani karantina di Singapura. Gambar : CNN Indonesia/ Dok. Abdul Susila

BaperaNews - Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo, menyampaikan terkait kronologi yang membuat Elkan Baggott harus menjalani karantina dan absen pada laga Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2020 (2021), pada Rabu (15/12). 

Baggot dipastikan tidak akan bermain saat Indonesia bertemu dengan Vietnam di Piala AFF malam ini. Meski sempat bermain saat melawan Laos, pada Minggu (12/12), bek berusia 19 tahun itu diwajibkan menjalani karantina karena sempat satu pesawat dengan orang positif Covid-19 dalam perjalanan ke Singapura.

"Singapura itu mempunyai multi ministry task force untuk penanganan Covid. Bahkan ada Pusat Nasional Penyakit Menular yang bertanggung jawab untuk mengendalikan penularan covid-19, Ini otoritas di bawah Kemenkes Singapura. Setiap orang yang melakukan kontak erat dengan mereka yang positif Covid akan menerima perintah karantina," ucap Suryopratomo.

Elkan Baggot secara mendadak diperintahkan oleh Kementerian Kesehatan Singapura untuk menjalani karantina selama lima hari sampai dengan 18 Desember 2021.

Suryopratomo menjelaskan bagaimana akhirnya Baggot bisa mendapatkan perintah karantina meski sudah sempat bermain pada laga sebelumnya di Piala AFF dan hasil tes Covid-19 bek keturunan inggris ini negatif.

Elkan datang secara terpisah dengan rombongan skuad timnas Indonesia. Timnas Indonesia datang pada Kamis (2/12/2021) sore WIB. Sedangkan Elkan Baggot menyusul langsung dari Inggris dan baru mendarat pada Rabu (8/12/2021) waktu setempat di Singapura. Keterlambatan kedatangan Elkan Baggot ini dikarenakan tenaganya masih dibutuhkan oleh klubnya, Ipswich Town (Inggris)

"Elkan yang datang tanggal 8 Desember, terbang dari London dan transit di Dubai. Semua penumpang begitu tiba dilakukan tes PCR dan menunggu hasilnya ditempat tinggalnya dan dilarang beraktivitas selama hasilnya PCR-nya keluar. Biasanya antara 4 sampai 6 jam. Elkan hasil PCR negatif," ucap Suryopratomo.

"Tetapi karena ada satu penumpang kemudian diketahui positif, seluruh penumpang Emirates, karena bukan menggunakan VTL Flight, mendapatkan perintah karantina selama 5 hari dari Kementerian Kesehatan Singapura demi keselamatan orang tersebut dan warga yang lain," sambung Suryopratomo.

VTL atau Vaccinated Travel Lane yang merupakan sistem jalur pengunjung dari luar ke Singapura tanpa harus menjalani karantina. Penerbangan yang diambil oleh Elkan Baggot ke Singapura tidak termasuk ke penerbangan VTL.