Ini Dia Alasan Pemain Turki Aykut Demir Tolak Pakai Kaus Solidaritas!

Aykut Demir, pemain sepakbola dari Turki menolak untuk mengenakan kaus bertuliskan “No War” yang bertujuan untuk tunjukan solidaritas dalam laga Ankaragucu VS Erzumspor. Simak alasannya dibawah ini!

Ini Dia Alasan Pemain Turki Aykut Demir Tolak Pakai Kaus Solidaritas!
Pemain Turki Aykut Demir. Gambar: AFP Photo/ Stringer

BaqperaNews - Aykut Demir, pemain sepakbola dari Turki menolak memakai kaus bertuliskan “No War” dalam laga Ankaragucu VS Erzumspor, ia punya alasan kuat di baliknya. Hal ini terjadi di laga divisi kedua Turki tersebut, para pemain memakai kaos bertuliskan Savasa Hayir No War yang berhubungan dengan invasi Rusia ke Ukraina.

Dalam aksi solidaritas tersebut, Aykut Demir tidak memakainya seperti rekan sepakbola turki lainnya. “Ribuan orang meninggal setiap harinya di Timur Tengah, saya merasa sangat sedih, saya merasa kehilangan atas mereka yang tidak bersalah tersebut. Mereka mengabaikan penganiayaan di Timur Tengah kini melakukan aksi solidaritas di Eropa, saya tidak ingin memakai kaus tersebut karena itu tidak ditujukan untuk negara-negara Timur Tengah” ujarnya.

Aykut Demir ialah pemain berusia 33 tahun yang pernah merasakan pengalaman bertanding di Belanda bersama klub NAC Breda dan Exelsior, ia memulai karir profesionalnya di Belanda yang juga merupakan tempatnya dilahirkan.

Baca Juga: Pelatih Klub Rusia Memilih Mundur, Sebagai Aksi Protes Perang Di Ukraina

Sejak Rusia menginvasi Ukraina, aksi solidaritas memang nampak di berbagai bidang, termasuk sepakbola, dukungan terlihat mengalir untuk Ukraina di ajang kompetensi Eropa pekan lalu. FIFA dan UEFA bahkan secara sepihak melarang tim Rusia untuk tampil di ajang internasional, dengan demikian tim Rusia tidak akan bisa mengikuti Piala Dunia.

Sebenarnya tidak hanya Rusia dan Ukraina yang berkonflik, hal serupa juga terjadi antara Israel dan Palestina yang seolah tiada berakhir, yang terbaru ialah tentara Israel menyerang Jemaah islam yang sedang merayakan Isra Miraj di Masjid Al Aqsa hari Senin lalu 28 Februari 2022 hingga menimbulkan banyak korban termasuk anak-anak.

Selain Aykut Demir ada lima pemain sepakbola lain yang secara terbuka membela Palestina, yaitu :

  1.       Riyadh Mahrez dari Manchester City
  2.       Achraf Hakimi dari Inter Milan
  3.       Paul Pogba dari Manchester United
  4.       Mesut Ozil dari Fenerbahce S.K.
  5.       Sadio Mane dari Liverpool

Mereka mengungkap dukungan dalam bentuk unggahan di media sosial dan pernyataan langsung, Riyadh memajang foto bendera Palestina dengan tagar #SaveSheikhJarrah, Achraf membuat cuitan Twitter berupa rekaman video penjarahan tentara Israel kepada warga Palestina Dengan tagar #FreePalestine,  sedangkan Paul mengunggah dukungan di akun Instagramnya dengan kalimat “dunia sedang membutuhkan kedamaian dan inta, setiap orang diharapkan bisa saling mencintai” dan menyertakan tagar #PrayforPalestine.

Baca Juga: Rusia Menggila, Uni Eropa Pertimbangkan Ukraina Jadi Calon Anggota