Indonesia Sabet 2 Emas dari Kejuaraan Karate – Do Asia di Kazakhstan

Pada hari Sabtu (18/12) waktu Kazakhstan, Tim Nasional Karate Indonesia berhasil mendapatkan 2 gelar dengan perolehan 2 medali emas dari ajang Kejuaraan Karate – Do Asia yang digelar di Almaty, Kazakhstan.

Indonesia Sabet 2 Emas dari Kejuaraan Karate – Do Asia di Kazakhstan
Gambar : Dok. Timnas Karate Indonesia

BaperaNews - Pada hari Sabtu, 18 Desember 2021, waktu Kazakhstan, Tim Nasional Karate Indonesia berhasil menyabet 2 gelar dengan perolehan 2 medali emas dari ajang Kejuaraan Karate – Do Asia yang digelar di Almaty, Kazakhstan.

Medali emas tersebut berhasil disumbangkan oleh Akio Zaiko di nomor (Kata Individual Kadet) dan Hazel Ramadhan di nomor (Kata Individual Junior). Tak hanya medal emas saja, Tim Nasional Karate Indonesia juga memborong dua medali perak dan juga satu medali perunggu pada ajang bergengsi tersebut.

Dua medali perak tersebut berhasil disumbangkan oleh Andika Hulio dan Tiara Sandy di nomor (Kumite +54 kg Puteri Kadet). Sedangkan untuk satu medali perunggu, berhasil disumbangkan oleh Nadlima Alya di nomor (Kata Individual Puteri Kadet).

Menurut keterangan yang diberikan oleh Harmen Saputra (Manajer Tim Kadet untuk Junior dan Under 21), Tim Nasional Indonesia sudah berhasil melampaui target yang sudah ditentukan sebelumnya yakni mampu mengantongi dua medali emas, namun pada kenyataannya masih ada sumbangan 2 medali perak dan satu medali perunggu yang dianggap sebagai bonus, dilansir dari Kompas.com.

Harmen Saputra (Manajer Tim Kadet untuk Junior dan Under 21) juga berharap masyarakat Indonesia terus memberikan dukungannya kepada Tim Nasional Karate Indonesia yang masih akan berjuang hingga tanggal 22 Desember mendatang yang mana masih akan ada peluang untuk menambah perolehan medali untuk Indonesia.

Sementara itu, dari penjelasan yang diberikan oleh Darly Siregar (Head of Delegation Tim Karate Indonesia) mengaku bangga kepada hasil yang diraih Tim Nasional Indonesia di hari pertama ajang Kejuaraan Karate – Do Asia. Dia pun berharap pada hari kedua dan selanjutnya masih akan ada medali yang bisa dibawa pulang. Prestasi yang didapatkan hari ini merupakan buah manis dari kerja keras dan kekompakan tim. Kekompakan tersebut dilakukan oleh pengurus, pelatih, atlet dan wasit hingga semangat juang yang ditunjukkan oleh para atlet.

Meski saat ini kondisi cuaca sedang dingin, baik atlet dan pelatih tak merasakan kedinginan tersebut. Sangat disayangkan, meski mendapatkan dua medali emas, namun pengibaran bendera merah putih tidak bisa dilakukan di hari pertama ajang Kejuaraan Karate – Do Asia 2021. Meski begitu, tidak menjadi masalah bagi para atlet. Dampak dari hukuman yang diberikan oleh Badan Anti Doping Dunia yang belum juga berakhir, menjadi penyebab utama bendera merah putih tak bisa dikibarkan.