Indonesia Berhasil Menjuarai Thomas Cup 2020

Setelah penantian panjang, akhirnya tim bulutangkis indonesia berhasil menjuarai thomas cup 2020 dan menyapu bersih semua laga dalam duel melawan China.

Indonesia Berhasil Menjuarai Thomas Cup 2020
cnnindonesia.com

BaperaNews - Tim bulutangkis Indonesia akhirnya berhasil mengakhiri penantian panjang untuk dapat kembali menjadi juara Thomas Cup. Pada pertandingan yang dilaksanakan pada hari Minggu (17/10/2021) di Aarhus, Denmark, tim Indonesia sukses membawa pulang Thomas Cup yang selama 19 tahun ini menghilang.

Indonesia berhasil menyapu bersih semua laga dalam duel melawan China. Berstatus unggulan, tim Indonesia sukses menunjukkan penampilan terbaiknya.

Pada pertandingan pertama mempertemukan antara Anthony Sinisuka Ginting melawan Lu Guang Zu. Pada game pertama, Ginting sempat kalah dengan skor 18-21, namun akhirnya berhasil menang pada dua game selanjutnya dengan skor 21-14 dan 21-16, yang membuat Indonesia unggul sementara 1-0 atas China.

Pada pertandingan kedua, giliran pasangan ganda putra muda Indonesia yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang berhasil memperbesar keunggulan Indonesia menjadi 2-0.

Fajar/Rian sukses memenangkan dua game langsung dalam duel melawan He Ji Ting/Zhou Hao Dong dengan skor 21-12 dan 21-19. 

Pada pertandingan ketiga, giliran wakil tunggal putra yakni Jonatan Christie yang turun dan memastikan kemenangan untuk Indonesia.

Jonathan membutuhkan perjuangan yang sangat keras untuk dapat memenangkan pertandingan melawan Li Shi Feng. Butuh waktu 1 jam 22 menit bagi Jonatan Christie untuk dapat mengalahkan Li Shi Feng dengan skor 21-14, 18-21, dan 21-14, Indonesia pun akhirnya berhasil menang 3-0 atas China. 

Kemenangan Indonesia pada gelaran Thomas Cup 2020 yang dilaksanakan pada tahun 2021 membuat Indonesia berhasil mengakhiri puasa gelar Thomas Cup yang sudah berlangsung selama 19 tahun.

Terakhir kali Indonesia memenangkan Thomas Cup di tahun 2002 dimana kala itu turnamen tersebut diadakan di Guangzhou, China.

Kala itu, tim Thomas Indonesia berhasil memenangkan pertandingan 3-2 atas Malaysia dan berhasil merebut gelar Thomas Cup ke-13 dalam sejarah.

Setelah itu, Indonesia tak lagi mampu untuk dapat menjuarai turnamen Thomas Cup. Bahkan Indonesia hanya mampu menjadi runner up di tahun 2010 dan 2016 sebelum akhirnya bisa menjuarai Thomas Cup di tahun ini.

Akan tetapi ada yang berbeda pada perayaan juara Thomas Cup 2020 ini, hal tersebut dikarenakan kontingen Indonesia tidak dapat untuk mengibarkan bendera Merah Putih yang dengan sangat terpaksa harus diganti dengan bendera logo Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Diketahui, Indonesia dilarang untuk menggunakan bendera Merah Putih lantaran adanya hukuman dari Agen Anti Doping Dunia (WADA) karena Indonesia tidak patuh ketika program uji tes doping.

Adapun pelarangan pengibaran bendera merah putih adalah sanksi karena Indonesia telah mengabaikan program yang telah dijalankan oleh WADA.

Walaupun demikian, lagu kebangsaan Indonesia Raya tetap diperdengarkan dalam perayaan Indonesia di Thomas Cup 2020.