Hati-Hati! Ada Situs Palsu Dalam Program Prakerja Jelang Pembukaan Gelombang 23

Manajemen Kartu Prakerja menghimbau kepada masyarakat calon peserta program Kartu Prakerja jelang pembukaan gelombang 23 untuk berhati-hati dan waspada terhadap situs palsu saat akan mendaftarkan diri.

Hati-Hati! Ada Situs Palsu Dalam Program Prakerja Jelang Pembukaan Gelombang 23
Laman Prakerja. Gambar : Tangkapan Layar/https://www.prakerja.go.id/

BaperaNews - Manajemen Kartu Prakerja menghimbau kepada masyarakat calon peserta program Kartu Prakerja untuk berhati-hati dan waspada terhadap situs palsu saat akan mendaftarkan diri.

Gabriel Mukuan selaku Divisi Hukum Prakerja menyampaikan untuk para calon peserta program Kartu Prakerja hanya melakukan pendaftaran melalui situs resmi prakerja yakni www.prakerja.go.id.

Gabriel juga meminta agar masyarakat berhati-hati terhadap situs palsu ataupun tautan palsu yang mengatasnamakan Program Kartu Prakerja. Karena pada beberapa waktu lalu ditemukan kasus tautan atau form liar yang mengatasnamakan UKM Sinergi dan Solusi Edukasi beredar di berbagai percakapan telepon atau media lainnya.

Gabriel menjelaskan bahwa jika ada situs palsu atau tautan lain yang meminta para peserta untuk mengisi data pribadi selain di situs Prakerja resmi dapat dipastikan situs atau tautan tersebut sebuah penipuan.

"Tidak ada kanal lain. Jika situs atau tautan selain www.prakerja.go.id diisi, data pribadi sobat bisa dicuri dan disalahgunakan" ujar Gabriel melalui keterangan resminya, pada Kamis (3/2).

Diketahui sebelumnya, pendaftaran akun terkait program kartu prakerja sudah dibuka untuk calon peserta pada 5 Januari 2022 lalu.

Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Operasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Hengki Sihombing menyebutkan program Kartu Prakerja kembali membuka pembuatan akun untuk calon peserta pada 5 Januari 2022 lalu.

“Silahkan sobat prakerja buat akun, sembari menunggu pengumuman pembukaan gelombang 23,” ujar Hengking.

Hengking menjelaskan jika para calon peserta Kartu Prakerja sudah membuat akun sebelum pembukaan gelombang makan para calon peserta akan memiliki kemudahan dalam proses pendaftaran selanjutnya.

Jadi jika gelombang 23 sudah resmi dibuka, calon peserta yang telah memiliki akun hanya perlu mengklik “Gabung Gelombang” untuk mengikuti seleksi selanjutnya tanpa harus lagi mengisi kelengkapan administrasi serta rangkaian tes awal.

Tidak hanya itu, calon peserta yang memiliki akun lebih dulu juga dapat menikmati berbagai fitur rekomendasi pekerjaan dan pencarian lowongan pekerjaan di dashboard pribadi Kartu Prakerja.

“Fitur ini dapat dimanfaatkan oleh siapa saja yang sudah memiliki akun Prakerja. Dari yang sudah menerima program ataupun yang berstatus sebagai calon penerima,” ucap Hengki

Hengking menyampaikan untuk calon peserta yang ingin tahu terkait informasi terbaru dari program Kartu Prakerja dapat mengikuti updatenya di akun instagram resmi milik Kartu Prakerja yakni @prakerja.go.id

Baca Juga : Viral! Hasil Tes PCR Salah, Dirut Bumame Farmasi Angkat Bicara