Hasil Uji Malaysia ke Indomie Ayam Spesial Usai Disebut Pemicu Kanker

Pemerintah Malaysia melakukan tes ulang pada produk mie instan asal Indonesia yakni Indomie Ayam Spesial usai disebut memicu penyakit kanker.

Hasil Uji Malaysia ke Indomie Ayam Spesial Usai Disebut Pemicu Kanker
Hasil Uji Malaysia Ke Indomie Ayam Spesial. Gambar : Reuters/Dok. Ajeng Dinar Ulfiana

BaperaNews - Malaysia melepas penarikan 2 mie instan asal Indonesia yang sebelumnya disebut mengandung bahan pemicu kanker oleh otoritas Taiwan yakni Indomie rasa Ayam Spesial.

Merk Indomie tersebut diyakini oleh otoritas Taiwan mengandung etilen oksida yang merupakan senyawa berbahaya penyebab kanker, penarikan Indomie dilakukan bersama dengan penarikan produk mie instan asal Malaysia Ah Lai White Curry.

Pemerintah Malaysia kemudian melakukan tes ulang pada kedua produk tersebut untuk memastikan kandungan di dalamnya. Hasilnya, baik Indomie rasa Ayam Spesial maupun Ah Lai White Curry Noodles dipastikan memenuhi standar kualitas bahan dan aman dikonsumsi.

Menurut pemerintah Malaysia, apa yang disimpulkan otoritas Taiwan tentang kedua produk tersebut dianggap pemicu kanker tidaklah benar.

Baca Juga : Diduga Produknya Ada Zat Pemicu Kanker, Indofood Buka Suara

Indomie Ayam Spesial dan Ah Lai White Curry Noodles Dinyatakan Aman

“Yang diperintahkan untuk ditarik karena dianggap mengandung etilen oksidan telah diperiksa kembali dan dipastikan aman untuk dikonsumsi sesuai aturan Undang-Undang. Hal ini berdasarkan analisis laboratorium yang dilakukan pada kedua sampel. Kemenkes menegaskan kedua produk tersebut telah memenuhi aturan UU yang ditentukan, aman dimakan” tutur Dirjen Kemenkes Malaysia Dr Muhammad Radzi pada Minggu (14/5).

Radzi menjelaskan bahwa Malaysia menentukan 6 tingkatan pada produk makanan impor berdasarkan besar resiko, jika produk tidak sesuai aturan, maka akan ditarik.

“Ada pemeriksaan yaitu hold, test and release, produk pangan yang masuk ke dalam negeri ditahan dan dianalisis terlebih dahulu” imbuhnya.

Dengan dinyatakannya aman kedua produk tersebut, maka pemerintah Malaysia melepas kembali produk tersebut ke pasaran karena dinyatakan aman berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium, dinyatakan tidak berbahaya untuk dikonsumsi masyarakat.

Nasib Indomie Ayam Spesial di Taiwan

Sementara dari otoritas Taiwan belum diketahui masih menahan kedua produk tersebut atau tidak.

Sebelumnnya Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag RI Didi Sumedi menyebut Indomie Ayam Spesial yang dipermasalahkan di Taiwan itu sebenarnya sudah sesuai dengan standar keamanan produk di Indonesia.

Produk juga diimpor oleh pihak individu Taiwan sehingga mungkin ada perbedaan standar.

“Yang masalah itu diimpor oleh individu disana, karena banyak orang Indonesia impor macam-macam salah satunya Indomie ini, itu adalah Indomie standar Indonesia, memang jadi berbeda standarnya (dengan Taiwan)” tutur Didi Kamis (4/5) lalu.

Didi tidak yakin Taiwan akan menutup pintu ekspor Indomie dari Indonesia. “Menurut saya enggak ditutup ya, karena sering terjadi, ya itu diimpor individu atau agen yang non distributor resmi” pungkas Didi.

Baca Juga : Taiwan Temukan Zat Pemicu Kanker di Produk Mie Instan Asal Indonesia