Hasil Final AFF U23 2022: Bungkam Thailand 1-0, Vietnam Juara

Timnas Vietnam berhasil menjadi juara Piala AFF U-23 2022 di pertandingan final melawan thailand pada (26/02/22), Vietnam menang dengan skor 1-0.

Hasil Final AFF U23 2022: Bungkam Thailand 1-0, Vietnam Juara
Hasil Final AFF U23 2022, Bungkam Thailand 1-0, Vietnam Juara. Gambar : AFP/Dok. Roslan Rahman

BaperaNews - Vietnam menjadi Juara Piala AFF U-23 2022 di pertandingan final melawan Thailand hari Sabtu malam 26 Februari 2022, tim Vietnam menang membanggakan dengan skor 1-0. Laga final digelar di Stadion Morodok Techno, Phnom Penh, Kamboja hari Sabtu 26 Februari 2022 malam.

Gol penentu dibuat oleh Tran Bao Toan di menit 45, dengan hasil ini, Vietnam resmi jadi juara Piala AFF U-23 2022 dan merupakan gelar juara pertama bagi Thailand di turnamen ini, sedangkan Thailand menjadi runner up yang kedua kalinya dalam Piala AFF U-23 2022. Pada edisi sebelumnya, tim Thailand menang dari tim Indonesia dengan skor 2-1 di partai puncak.

Pada babak pertama, Thailand banyak menunggu di belakang dan mengandalkan serangan balik. Timnas Thailand mampu mengancam lebih dulu, ketika laga berjalan 3 menit, mendapat peluang dari tendangan Thanawat Saiptech namun masih terlalu lemah, 5 menit kemudian, Thailand kembali membahayakan gawang Vietnam dengan tendangan Thanawut Phochai, namun masih juga bisa diamankan oleh kiper Vietnam.

Vietnam lebih banyak memegang bola baru bisa membuat bola di menit 17 dari sundukan bola Nguyen Trung Thanh yang masih bergerak menyamping, di menit  22 juga Vo Nguyen Hoang membuat tendangan, namun pelan kekuatannya sehingga bisa dengan mudah ditangkap kiper Thailand.

Empat menit kemudian, tendangan jarak jauh Thanawut Phochai hampir bisa mencetak gol, namun membentur  tiang gawang dan bisa kembali diamankan kiper. Di menit 38, sepakan Thanawat Saiptech ditangkap oleh kiper Dang Tuan Hung sehingga hanya menghasilkan sepak pojok untuk Thailand.

Di babak pertama ketika waktu hampir berakhir dengan skor sama kosong, Vietnam secara mengejutkan berhasil membuat gol tepat di menit 45, dari tendangan Tran Bao Toan yang membuat hasil pertandingan menjadi 1-0 dan begitu menyenangkan timnas Vietnam.

Di babak kedua, Vietnam kembali mengancam dengan tembakan jarak jauh kaki kiri Vo Nguyen Hoang menit ke 56, sayangnya striker  tersebut masih bisa dimentahkan sehingga hanya menghasilkan sepak pojok, dan menit ke 64 Vo Nguyen Hoang kembali memiliki peluang gol, namun sepakan berhasil ditepis kembali oleh kiper.

Thailand masih berusaha mengejar ketertinggalan dengan sisa waktu yang ada, pada menit ke 74, tendangan ebas Sattawas Leela meluncur dan mengenai pojok kanan atas gawang Vietnam dan bisa diselamatkan dengan gemilang oleh kiper.

Hingga akhirnya terdengar wasit meniup peluit panjang yang menandakan berakhirnya pertandingan, alhasil Vietnam menang atas Thailand dengan skor 1-0 dan menjadi juara Piala AFF U-23 2022. Selamat untuk Vietnam.

Baca Juga : Polandia Menolak Hadapi Rusia di Playoff Piala Dunia 2022