Evaluasi Performa Timnas, Shi Tae Young : Passing Buruk, Taktik Tak Berjalan

Usai kalah lawan Afghanistan, Shi Tae Young Evaluasi permainan pemain. Ia menyebutkan bila Passing buruk dan taktik tak berjalan

Evaluasi Performa Timnas, Shi Tae Young : Passing Buruk, Taktik Tak Berjalan
Shi Tae Young Pelatih timnas Indonesia. Gambar : Dok. PSSI

BaperaNews - Shin Tae Yong, Pelatih Timnas Indonesia mengungkap rasa tidak puasnya dengan hasil yang diraih anak didiknya saat kalah dari Afghanistan 0-1 di laga uji coba Selasa, 16/11/202 yang diadakan di Stadion Antalya Turki.

Shin Tae Yong menyorot Evan Dimas dkk yang menurutnya masih banyak kekurangan dari segi mengoper bola dan penerapan taktik serta teknik bertanding. “Hasil yang didapat sungguh sangat disayangkan, seharusnya kita kali ini bisa menang, taktik dan teknik yang dilakukan tidak sesuai dengan yang saya inginkan, saya lihat ada juga pemain yang tidak begitu baik kondisinya alias jetlag dari pemain” ungkap Shin Tae Yong dalam keterangannya.

Shin Tae Yong menegaskan tim Indonesia harus segera bangkit dari pertandingan yang kalah tersebut dengan terus berlatih dan memperbaiki kekurangan yang ada salah satunya dalam hal passing atau oper bola.

“Harus diperbaiki itu dalam teknik passingnya, gol yang terjadi itu awalnya karena kesalahan oper bola yang dilakukan pemain kita” lanjut Shin Tae Yong.

Setelah kalah dari Afghanistan, Indonesia dijadwalkan akan kembali bertanding menghadapi Myanmar pada 25/11/2021 mendatang di liga dan lokasi yang sama. Kemenangan ini begitu diincar untuk bisa mendapatkan moral tim menjelang Piala AFF.

“Untuk pertandingan selanjutnya melawan Myanmar, kita harus bisa menangkan” tegasnya.

Selain menghadapi Myanmar, Indonesia juga akan bertanding di uji coba laga kontra tim kasta teratas Turki (SuperLig) Antalyaspor 28/11/2021 mendatang. Uji coba ini merupakan pertandingan latihan sebelum menghadapi piala AFF yang nantinya akan diadakan tanggal 5/12/2021 – 1/1/2022 di negeri tetangga Singapura.

“Saya dan tim akan diskusi mengenai kesalahan yang telah lalu dan belajar darinya, tim akan lebih banyak belajar agar tidak terjadi kekalahan akibat kesalahan yang sama. Selain itu kondisi fisik juga penting, nutrisi yang baik dan istirahat cukup untuk bisa memaksimalkan kesehatan dan benar-benar fit saat bertanding” lanjutnya.

Sebagaimana penjelasan Shin Tae Yong bahwa kekalahan Indonesia atas Afghanistan 0-1 karena kesalahan teknik tanding dan kondisi kesehatan yang tidak begitu baik, sehingga ia memastikan pada pertandingan ke depan tidak akan terjadi sebab kekalahan karena hal yang sama lagi. “Kita harus menang, kita pasti bisa menang” tutupnya.