Edaran Kemenag, Tarawih Dianjurkan, Shalat Ied Boleh Di Lapangan

Menteri Agama, Yaqut Cholil mengeluarkan surat edaran No. 8 th 2022 tentang Penyelenggaraan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H atau 2022 yang memperbolehkan untuk melaksanakan shalat tarawih dan idul fitri di masjid!

Edaran Kemenag, Tarawih Dianjurkan, Shalat Ied Boleh Di Lapangan
Tarawih Dianjurkan, Shalat Ied Boleh Di Lapangan. Gambar: unsplash.com

BaperaNews - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengeluarkan surat edaran No. 8 th 2022 tentang Penyelenggaraan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H atau 2022 ini. Yaqut Cholil Qoumas menganjurkan segenap umat islam meningkatkan dan mengisi amalan ibadah diantaranya dengan menggelar shalat tarawih berjamaah, I’tikaf, tadarus Al Qur’an, hingga pengajian, namun kegiatan tersebut tetap wajib dilaksanakan dengan protokol kesehatan.

Dalam surat edaran tersebut juga dicantumkan masyarakat boleh menggelar shalat tarawih dan Idul Fitri di lapangan atau masjid dengan memperhatikan protokol kesehatan. Yaqut Cholil Qoumas meminta jajarannya untuk bisa jadi teladan bagi penerapan protokol kesehatan dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dan Idul Fitri, Yaqut Cholil Qoumas melarang para pejabat dan ASN di Kemenag untuk mengadakan atau hadir di acara buka puasa bersama dan sejenisnya.

“Pejabat dan para aparatur sipil Negara tidak boleh mengadakan atau menghadiri acara buka puasa bersama, acara sahur bersama, ataupun open house ketika Idul Fitri” ujarnya.

Baca Juga: Mulai April 2022, Harga Pertamax Akan Naik, Jadi Rp 16 Ribu Per Liter, DPR Setuju

Selengkapnya berikut isi surat edaran tersebut :

  1. Umat islam menjalankan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri sesuai ketentuan syariat islam.
  2. Dianjurkan mengisi dan meningkatkan amalan bulan Ramadhan seperti tarawih, pengajian, infah, wakaf, sedekah, dengan tetap memperhatikan prokotol kesehatan.
  3. Pengurus dan pengelola masjid atau mushalla memperhatikan Surat Edaran Menag tentang PPKM sesuai status level wilayah masing-masing.
  4. Pengurus dan pengelola masjid atau mushalla sebagaimana angka 3 wajib menunjuka seorang petugas yang memastikan sosialisasi dan penerapan protokol kesehatan kepada semua jamaah.
  5. Pejabat ASN dilarang hadir atau mengadakan buka puasa bersama, sahur bersama, dan open house Idul Fitri.
  6.  Masyarakat yang buka puasa atau sahur bersama dan open house wajib memperhatikan protokol kesehatan.
  7. Vaksinasi covid19 bisa dilakukan di bulan Ramadhan.
  8. Kegiatan pengumpulan zakat dan infaq memperhatikan protokol kesehatan.
  9. Para penceramah agama diharap berperan meningkatkan nilai keimnana, ketaqwaa, persatuan, dan kerukunan umat melalui materi dan bahasa dakwah yang bijak serta santun sesuai tuntunan Al Qur’an.
  10. Masyarakat dihimbau mengumandangkan takbir di malam Idul Fitri di masjid atau mushalla atau rumah masing-masing.
  11. Penggunaan pengeras suara sesuai pedoman SE 05 th 2022.
  12. Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H bisa dilaksanakan di lapangan terbuka atau masjid dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Baca Juga: Asosiasi Pemerintah Desa Ungkap Alasan Dukung Jokowi 3 Periode