Cara Mudah Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan Dengan NIK KTP Jika Kartu Hilang

Berikut cara mudah untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan jika kartu hilang, hanya menggunakan nomor NIK KTP.

Cara Mudah Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan Dengan NIK KTP Jika Kartu Hilang
Berikut cara mudah untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan jika kartu hilang, hanya menggunakan nomor NIK KTP. Gambar : Dok. BPJS

BaperaNews - Para peserta BPJS Ketenagakerjaan biasanya memiliki sebuah kartu sebagai bukti kepesertaan BPJS dan sebagai kartu identitas dari peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dalam kartu tersebut biasanya terdapat sebuah nomor BPJS atau nomor Virtual Account dari masing-masing peserta yang bisa digunakan untuk berbagai hal yang berhubungan dengan BPJS.

Selain digunakan untuk melakukan pembayaran iuran BPJS, nomor BPJS juga bisa digunakan untuk mengecek tagihan dari BPJS dan juga untuk mengetahui informasi seputar BPJS.

Nah, nomor BPJS terlihat sangat penting untuk para peserta BPJS bukan?

Nomor yang terdiri dari 11 digit ini rasanya sulit untuk kita bisa hapal, meskipun milik kita sendiri. Apabila suatu waktu kalian lupa dengan nomor BPJS kalian hanya perlu melihat kembali kartu BPJS Ketenagakerjaan yang kalian miliki. Namun bagaimana cara mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan jika kartu BPJS-nya hilang atau rusak?

Kalian tidak perlu khawatir karena saat ini kalian dapat mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan hanya dengan memerlukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di KTP. Lalu apakah hanya dengan NIK saja atau ada nomor lainnya?

Baca Juga : Pendaftaran CPNS 2022 Segera Dibuka, Simak Persyaratan Yang Perlu Kamu Ketahui!

Selain NIK, sebenarnya kalian juga dapat menggunakan Nomor Induk Pegawai dan yang lainnya, namun cara mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan menggunakan NIK KTP merupakan cara yang paling mudah untuk kalian lalukan.

Berikut cara mudah cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK di KTP:

  1. Situs resmi atau Website BPJS Ketenagakerjaan
    - Kunjungi sso.bpjsketenagakerjaan.go.id atau www.bpjsketenagakerjaan.go.id
    - Masukkan alamat email dan password yang sudah terdaftar
    - klik "Saya bukan robot" atau recaptcha.
    - Klik login.
    - Pilih cek kartu digital.
    - Selanjutnya, akan tertera nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda.
  2. Aplikasi JMO
    Aplikasi JMO bisa dijadikan alternatif selanjutnya untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan, dan juga untuk mengetahui saldo yang dimiliki. Namun, sebelumnya Anda harus sudah memiliki aplikasi ini dan sudah terdaftar terlebih dahulu di sana.

Selanjutnya, kamu bisa mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi JMO. Namun, cara ini hanya berlaku untuk kamu yang sudah pernah mendaftar di aplikasi JMO, ya.