BMW Jadi Safety Car di Sirkuit Mandalika

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) telah resmi memilih BMW untuk mendukung acara berkelas internasional di sirkuit mandalika dan jenis mobil yang diandalkan mengusung teknologi listrik hybrid yang bertindak sebagai safety car yakni BMW X3 xDrive30e dan BMW 330e M Sport.

BMW Jadi Safety Car di Sirkuit Mandalika
BMW Jadi Safety Car di Sirkuit Mandalika. Gambar : Dok. BMW indonesia

BaperaNews - BMW kini telah resmi ditunjuk oleh Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai kendaraan resmi dalam mendukung gelaran acara berkelas internasional yang rencananya akan berlangsung di Sirkuit Mandalika.

Jenis mobil yang akan diandalkan dalam gelaran acara tersebut mengusung teknologi listrik hybrid yang bertindak sebagai safety car yakni BMW X3 xDrive30e dan BMW 330e M Sport.

Kedua jenis mobil keluaran BMW tersebut rencananya akan digunakan untuk kali pertama pada gelaran acara  World Superbike (WSBK) dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC). Penggunaan dua jenis kendaraan tersebut sudah sejalan dengan rencana digelarnya pada MotoGP bulan Maret 2022 mendatang.

Dimana BMW memang sudah diberikan kepercayaan sejak tahun 1999 sebagai official car of MotoGP. Untuk teknologi yang disematkan pada kedua jenis mobil tersebut antara lain eDrive technology dan xDrive technology. Mesin yang digunakan pun merupakan kombinasi antara mesin motor elektrik dan mesin bensin 2000 cc sehingga bisa menghasilkan tenaga yang pas pada mobil jenis SUV dan mobil medium sedan.

Seri 330e M Sport mempunyai kemampuan dalam menghasilkan 252 tenaga kuda dengan torsi 420Nm. Kemudian untuk seri X3 xDrive 30i mempunyai kemampuan dalam menghasilkan 292 tenaga kuda dengan torsi yang sama yakni 420Nm.

Bayu Riyanto (Vice President of Sales and Network Development BMW Indonesia) memberikan penjelasan, bahwa perusahaannya itu memang sudah berpengalaman dan terjun bertahun – tahun dalam bidang motosport. Jadi tak heran jika momen kali ini harus dimanfaatkan untuk menjadi kendaraan resmi di sirkuit Mandalika.

Sirkuit Mandalika menjadi salah satu kebanggaan Indonesia yang digadang – gadang sudah memenuhi standar fasilitas dan keamanan internasional. Selain itu juga sudah siap untuk digunakan dalam gelaran acara balapan bergengsi bertaraf internasional. Dalam gelaran acara di Sirkuit Mandalika, setidaknya ada 2 unit safety car dari BMW. Pencapaian ini tentu saja bisa dijadikan sebagai bukti bahwa kami sangat mendukung dalam perkembangan motor sport di Indonesia,” tambah Bayu Riyanto (Vice President of Sales and Network Development BMW Indonesia).

Ucapan terima kasih datang dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) kepada BMW karena telah memberikan dukungan kepada acara balapan yang akan digelar di Sirkuit Mandalika. Terlebih lagi safety car yang digunakan sudah mengusung beberapa teknologi terkini.