Bendera Merah Putih Akhirnya Berkibar Usai Indonesia Juara BATC 2022!

Tim putri Indonesia menang atas Korea Selatan dengan skor 3-1 dalam laga final Badminton Asia Team Championship (BATC) 2022 dan dengan bangganya bendera merah putih dapat berkibar kembali!

Bendera Merah Putih Akhirnya Berkibar Usai Indonesia Juara BATC 2022!
Bendera Merah Putih Akhirnya Berkibar Usai Indonesia Juara BATC. Gambar: Dok. PBSI

BaperaNews - Bendera merah putih dengan bangga bisa dikibarkan setelah tim putri Indonesia menang atas Korea Selatan dengan skor 3-1 dalam laga final Badminton Asia Team Championship (BATC) 2022 di Setia City hari Minggu 20 Februari 2022.

Tim putri mempertahankan gelar juara 1 BATC dengan kemenangan yang membanggakan, Gregoria Mariska awalnya yang membuka kemenangan atas negeri Ginseng dengan kemenangan mudah yakni 21-9 dan 21-10.

Selanjutnya Febriana Dwipuji dan Amalia Cahaya kalah dengan skor 1-2 dari permainan rubber Baek Ha Na dan Seong Seung Yeon. Nomor tunggal menjadi andalan meraih poin atas Korsel, dan ketika giliran Putri Kusuma, ia mengantar Indonesia unggul 2-1 atas Korsel dengan menang pertandingan 21-10 dan 21-11 atas Kim Min Ji di partai keempat.

Kemenangan tersebut pun berhasil membawa bendera merah putih Indonesia berkibar di pentas internasional, hal ini karena Indonesia sudah bebas dari sanksi Badan Anti Doping Dunia (WADA) awal Februari lalu. Bendera merah putih Indonesia berkumandang bersama dengan lagu Indonesia Raya ketika dilakukan upacara penyerahan medali.

Baca Juga: Pratama Arhan Buat Tokyo Verdy Cetak Rekor

Gregoria yang menjadi kapten tim mengambil trofi untuk diserahkan pada pemain lain. Sebelumnya tim Indonesia mendapat sanksi dari WADA pada Oktober 2021 karena dianggap tidak patuh pada aturan program doping dan melakukan pelanggaran administrasi, hukumannya ialah tidak boleh mengibarkan bendera merah putih walaupun menjadi juara dan tidak bisa ikut di turnamen lain.

Kemenpora melalui IOC pun membentuk satuan tugas untuk menyelesaikan masalah anti doping ini selama 5 bulan, hingga di awal Februari, akhirnya Indonesia dinyatakan bebas dari sanksi tersebut. Kemenangan ini sendiri adalah sesuatu yang membanggakan dimana Indonesia punya peluang berhasil menyapu bersih gelar di BATC 2022 setelah tim putra Indonesia menghadapi tim Malaysia di hari Minggu yang sama ini 20 Februari 2022 jam 15.00 WIB.

Jika tim putra juga meraih kemenangan, tentu sesuatu yang sangat membanggakan, kini pelatih dan seluruh masyarakat Indonesia berharap tim putra bisa melakukan yang terbaik dan membawa pulang gelar juara terbaik pula sehingga bisa menjadi pengalaman baru yang luar biasa untuk menjadi inspirasi bagi para pemain olahraga Indonesia lainnya serta memberi bukti bahwa tim Indonesia mampu unggul di kejuaraan internasional.

Baca Juga: Tes MotoGP Mandalika Bikin Marquez Sadar