Bank Indonesia Bakal Umumkan Integrasi QRIS, Dimana Saja?

BI saat ini sedang proses pembahasan kerjasama dengan sejumlah negara seperti China, Singapura, dan Jepang. Rencananya, QRIS diatur untuk bisa dipakai dengan bank sentral Singapura, China, India, Korea Selatan, dan Jepang. Pembahasan masih terus berlangsung.

Bank Indonesia Bakal Umumkan Integrasi QRIS, Dimana Saja?
Bank Indonesia Bakal Umumkan Integrasi QRIS, Dimana Saja. Gambar : qris.id

BaperaNews - Sistem pembayaran digital dengan QRIS hingga antar negara terus dilakukan oleh Bank Indonesia. BI saat ini sedang proses pembahasan kerjasama dengan sejumlah negara seperti China, Singapura, dan Jepang. Rencananya, QRIS diatur untuk bisa dipakai dengan bank sentral Singapura, China, India, Korea Selatan, dan Jepang. Pembahasan masih terus berlangsung.

QRIS sendiri ialah standar QR kode Indonesia yang dikembangkan BI untuk mengintegrasikan seluruh metode pembayaran non tunai atau digital di Indonesia. QRIS bisa dipakai lewat ponsel dengan pemindai kode QR, memberi transaksi yang lebih praktis dan aman.

Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendarta menyebut implementasi integrasi QRIS di Singapura dan dua negara lain sudah masuk pengembangan dari sistem teknis. Sudah ada 3 dari 4 lembaga switching yang telah menyelesaikan user acceptance testingnya.

“Jadi mereka lembaga switching ini sudah saling terhubung dan mencoba, mudah-mudahan sebelum akhir tahun 2023 ini bisa implementasi dengan Singapura” tutur Fili hari Kamis (25/5).

Selain Singapura, kerjasama ini juga dibahas dengan Jepang dan China. Di Jepang, pembahasan sudah di tahap non disclousure agreement atau kerahasiaan dan di China baru masuk pembahasan tahap awal, baru dilakukan pertemuan yang akan dilanjut dengan pembahasan lanjutan sebagaimana yang diterapkan di negara lain. 

Baca Juga : Tidak Ribet! Kini Belanja di Malaysia Bisa Pakai Rupiah Via QRIS

“Di Jepang ada proses non disclousure agreement dimana ada penunjukan switching dari pihak Jepang. Dan di China sudah dilakukan tahap pertemuan awal, kami sekarang sedang diskusi dengan intens” pungkas Fili.

Ke depannya, BI berencana akan bekerjasama dengan India dan Korea Selatan. Sebelumnya BI telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan Bank of Korea tentang penggunana mata uang lokal kedua negara untuk transaksi bilateral.

Sejauh ini integrasi QRIS lintas negara sudah diterapkan di Thailand dan Malaysia. Kerjasama dengan Thailand telah terlaksana sejak Agustus 2022 lalu dan dengan Malaysia baru sejak 8 Mei 2023. Per Maret 2023, QRIS mampu menggaet 45 juta pengguna, jumlah angka transaksinya mencapai 1 Miliar di tahun 2023 ini.

Tidak menutup kemungkinan integrasi QRIS lintas negara akan terus diperluas ke negara lain, BI dan pemerintah terkait sedang mengusahakannya. Jika tercapai kesepakatan dan persetujuan, maka akan lebih memudahkan transaksi keuangan warga Indonesia ketika berada di luar negeri maupun ketika melakukan transaksi jual beli antar negara yang bekerjasama.

Baca Juga : Begini Cara Daftar QRIS GoPay untuk UMKM