Bakal Diblokir Kominfo, Ini Alternatif Pengganti Paypal!

Penyedia layanan pembayaran digital paling populer di dunia yakni Paypal diblokir oleh Kominfo. Namun jangan khawatir, berikut aplikasi yang bisa digunakan sebagai alternatif pengganti Paypal.

Bakal Diblokir Kominfo, Ini Alternatif Pengganti Paypal!
Alternatif pengganti Paypal. Gambar : Dok. Reuters

BaperaNews - Penyedia layanan pembayaran digital paling populer di dunia yakni Paypal diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Sabtu (30/07), karena tidak mendaftar di Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE). 

Paypal digunakan sebagai rekening online yang dapat dimanfaatkan untuk mengirim atau menerima uang dari orang lain. Paypal juga dapat terhubung dengan pembayaran dari hasil iklan di channel YouTube maupun website. 

Berdasarkan pernyataan resmi dari Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo RI, Semuel Abrijani Pangerapan, platform Paypal sudah dibuka kembali selama lima hari dan itu hanya bersifat sementara.

Semuel Abrijani berharap dengan dibuka sementara, masyarakat bisa memindahkan uang atau saldo di dalam Paypal supaya tidak hilang atau ludes begitu saja. 

Semuel juga mengatakan bahwa saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan sebagai alternatif jika Paypal diblokir selamanya oleh Kominfo

Berikut ini deretan aplikasi yang digunakan sebagai alternatif, apabila Paypal diblokir oleh Kominfo: 

  1. Western Union

Selain Paypal, Terdapat alternatif lain sebagai cara untuk menerima uang dari luar negeri dan juga mengirim uang ke luar negeri, Western Union menjadi salah satu alternatif.

Western Union merupakan layanan pengiriman dan penerimaan uang yang telah beroperasi lebih dari 200 negara, saat ini Western Union juga telah beroperasi di Indonesia dan dapat pula digunakan untuk pengiriman lokal.

Dengan Western Union, baik pengirim maupun penerima tak perlu membuka rekening bank. Cukup mendatangi agen Western Union terdekat, anda dapat mengirim maupun menerima uang dari/ke berbagai negara. Western Union memiliki keunggulan sistem transfer dana secara realtime dan tanpa berbelit dalam kepengurusannya.Tak hanya mendatangi agen Western Union, anda pun dapat langsung bertransaksi lewat website mereka di WU.com atau melalui aplikasi Western Union yang dapat di unduh di Android dan juga IOS.

Baca Juga : Bisa Diakses! Kominfo Cabut Sementara Pemblokiran Paypal, Cuma 5 Hari

  1. Wise

Alternatif berikutnya ada Wise. Wise adalah perusahaan penyedia teknologi seperti Paypal. Layanan ini sudah hadir di Indonesia sejak 2020 dan sudah terdaftar di Bank Indonesia. 

Perusahaan mengklaim bahwa mengirim uang dari Indonesia ke luar negeri pakai Wise memiliki biaya transfer yang jauh lebih rendah dari pesaingnya dan proses pengiriman uang jauh lebih cepat. 

Aplikasi Wise bisa diunduh melalui Android maupun IOS, dengan mengunduh di toko aplikasi resmi. Saat ini, Wise mempunyai jumlah pelanggan lebih dari 4 juta orang di seluruh dunia. Sebab Wise memberikan kemudahan untuk bertransaksi melalui situsnya langsung atau melalui aplikasi. 

Tak hanya itu, proses pengiriman uang ke luar negeri melalui Wise juga cepat dan langsung sampai ke rekening tujuan saat itu juga tidak sampai 30 menit. 

  1. Google Wallet

Google Wallet merupakan platform besutan Google yang memiliki fungsi serupa dengan Paypal yakni bisa menerima uang, menyimpan uang, dan transfer uang. 

Platform tersebut juga akan mencatat seluruh transaksi yang sudah dilakukan, seperti struk belanja, bukti transaksi, hingga bonus lain yang akan disimpan secara baik dan aman. 

Platform Google Wallet juga bisa menjadi alternatif ketika nanti Paypal diblokir selamanya oleh Kominfo. Platform ini sudah tersedia lebih dari 40 Negara dan bisa digunakan di ponsel maupun PC. 

Perlu diketahui, platform pembayaran yang disediakan oleh Google ada dua, yakni Google Wallet dan Google Play. Dua platform tersebut berbeda karena Google Play merupakan platform untuk membayar pembelian online dalam aplikasi. 

Sedangkan Google Wallet digunakan untuk menerima uang, menyimpan uang, hingga transfer uang ke rekening Bank tujuan manapun. 

  1. Menerima Uang Dari Luar Negeri Lewat Bank BCA, BRI, BNI, Mandiri

Jarang diketahui, sebetulnya beberapa Bank di Indonesia bisa digunakan untuk menerima kiriman uang dari luar negeri. Tiap Bank memiliki nama layanannya masing-masing untuk menerima uang dari luar negeri, seperti BRI dengan layanan BRI Remittance nya, BCA dengan layanan Fire Cash Bank BCA dan lain-lain.

Untuk transaksi Internasional, baik mengirim dan menerima uang, kamu perlu mengunjungi cabang bank terdekat di wilayah kamu dan nantinya kamu akan diberikan petunjuk sesuai dengan kebutuhanmu.

Itulah dia alternatif layanan pengiriman dan penerimaan uang untuk transaksi Internasional, jangan perlu khawatir dengan pemblokiran PayPal ya!. Bagi kamu pekerja Freelance, berikan alternatif ini kepada pengirim uang agar kedepannya tak perlu risau untuk menerima uang dari luar negeri ya!

Baca Juga : Waduh! Situs PSE Di Incar Hacker, Kominfo Curhat Terima Jutaan Serangan Siber Per Hari