Atasi Lonjakan Kasus Covid-19 Di Klub Klub Liga 1 2021 – 2022, PT Liga Indonesia Baru Terapkan Sistem Full Bubble

Berbagai klub sepak bola liga 1 melaporkan kasus Covid-19 yang menyerang para pemainnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) ambil langkah terapkan full bubble.

Atasi Lonjakan Kasus Covid-19 Di Klub Klub Liga 1 2021 – 2022, PT Liga Indonesia Baru Terapkan Sistem Full Bubble
PT Liga Indonesia Baru Terapkan Sistem Full Bubble Atasi Lonjakan Covid-19. Gambar: Antara/ Fikri Yusuf

BaperaNews - Liga 1 2021 – 2022 ikut terkena dampak naiknya penyebaran Covid-19 varian omicron di Tanah Air, berbagai klub sepak bola bahkan sudah melaporkan kasus Covid-19 muncul di anggota klubnya. Akibatnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) membuat perubahan sistem menjadi full bubble.

Penerapannya belum dijelaskan secara rinci, namun diyakini akan lebih ketat dari sistem sebelumnya semi bubble yang sudah dijadikan aturan sejak seri awal / pertama. Direktur Operasional dari PT Liga Indonesia Baru, Sudjarno, mengemukakan penerapan sistem yang baru ini adalah bentuk peningkatan dari sistem yang diterapkan sebelumnya.

Sudjarno menjelaskan akan bekerjasama dengan penduduk lokal agar bisa memantau hal tersebut. “Full bubble, akan kita jalankan di akomodasi klub masing-masing, kami harap bisa menerapkan sistem tersebut” ujarnya dalam konferensi pers Rabu 2 Februari 2022.

“Termasuk nanti, PT Liga Indonesia Baru akan membuat skema baru bekerja sama dengan kearifan lokal agar bisa menjaga akomodasi tim tersebut” sambungnya. Sudjarno menyatakan pihaknya belum memberi denda jika ada yang melanggar protokol kesehatan dan merasa klub akan rugi jika pemainnya ada yang melanggar prokes dan terkena Covid-19.

Baca Juga: 75 Pegawai Kominfo Positif Covid-19, Menteri Kominfo Terapkan Work From Home

“Kita memang belum menerapkan denda soal itu, tapi kalau hal itu terjadi maka yang rugi adalah klubnya sendiri” tutupnya.

Sebelumnya kabar banyaknya pemain sepak bola di liga 1 2021 – 2022 yang terpapar Covid-19 diungkap di media massa, tercatat per tanggal 31 Januari 2021 sudah ada 19 pemain yang dinyatakan positif Covid-19 namun ketua PSSI, Mochamad Iriawan menegaskan Liga 1 2021 – 2022 akan tetap berjalan dengan ketentuan protokol kesehatan akan diperketat.

Para pemain yang saat ini sedang dalam perawatan dan menjalani isolasi akibat terpapar Covid-19 di Liga 1 2021 – 2022 ialah :

-          Arema FC : 5 pemain

-          Persija Jakarta : 1 pemain

-          PSM Makassar : 1 pemain

-          Persib Bandung : 9 pemain

-          Persebaya Surabaya : 3 pemain

“Untuk klubnya, saya minta untuk benar-benar mengawasi, kemarin ada Persib sekian orang, sebelumnya juga Arema FC, jadi harus mengawasi betul” ujar Iriawan. Iriawan juga mengemukakan para pemain yang positif Covid-19 mendapatkan perlakuan dan perawatan khusus, bahkan tempat untuk karantina mandiri sudah disediakan. Pemain juga akan diawasi langsung oleh dokter.

Baca Juga: Indonesia Masuk Gelombang Ketiga Covid-19, Masa Krisis Terjadi di Bulan Februari