Ajang Asia Talent Cup Di Sirkuit Mandalika Ditunda Karena Kurang Marshall, Simak Apa Itu Marshall !

Ajang Asia Talent Cup di Sirkuit Mandalika terpaksa harus ditunda karena sirkuit tersebut kurang Marshall. Apa itu Marshall ? Mari simak penjelasannya

Ajang Asia Talent Cup Di Sirkuit Mandalika Ditunda Karena Kurang Marshall, Simak Apa Itu Marshall !
Sirkuit Mandalika Kekurangan Marshall, Asia Talent Cup Ditunda Hingga Pekan Depan. Gambar : ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI

BaperaNews - Bisa dipastikan ajang bergengsi Asia Talent Cup 2021 bakal diundur pekan depan dan akan diselenggarakan bersamaan dengan World Superbike (WSBK) yang berlangsung pada tanggal 12 – 21 November 2021 di Sirkuit Mandalika.

“Dilansir dari Donasport, ATC season ketiga akan berlangsung pada tanggal 19 – 21 November 2021 mendatang yang terdiri dari empat balapan dimana berlangsung bersamaan dengan gelaran WSBK,” informasi yang tertulis resmi di laman Asia Talent Cup pada postingan hari Minggu, 14 November 2021.

Seharusnya, jika sesuai dengan jadwal awal, ATC akan digelar pada tanggal 14 November 2021 di Sirkuit Mandalika sekaligus untuk menguji fasilitas strek dan juga kesiapan dari keseluruhan sirkuit baru tersebut.

Menurut kabar yang beredar, mundurnya gelaran Asia Talent Cup (ATC) 2021 memang terdapat alasan kuat. Dorna sebagai pihak operator sevent tak berani melanjutkan jadwal balapan karena adanya masalah pada kurangnya jumlah marshall. Dimana marshall tersebut mempunyai tugas dalam menjaga setiap pos penjagaan yang ada.

Kabar yang dianggap dadakan ini cukup menyita perhatian banyak orang dan tentu saja mengejutkan. Pasalnya sesi kualifikasi sudah dilakukan sehari sebelum balapan dimulai. Bahkan menurut kabar yang menyebar, semua pembalap sudah bersiap di garis start awal untuk memulai balapan.

Kabar mundurnya jadwal ATC masih dianggap melegakan dan membuat banyak orang agak tenang karena masih diberikan kesempatan serta tak dibatalkan.

Identifikasi yang dilakukan dengan cepat tersebut menemukan kendala dimana seorang marshall jumlah personilnya terdapat kekurangan sehingga bisa berpotensi membahayakan para pembalap karena penjaga di setiap pos tidak lengkap.

Keberadaan marshall yang sesuai aturan, akan membantu meningkatkan keamanan para pembalap itu sendiri saat balapan sedang berlangsung.

Salah satu tugas krusial marshal adalah mengibarkan bendera. Anggaplah terjadi kecelakaan di sebuah sesi latihan, kualifikasi, maupun balapan; maka marshal harus mengibarkan bendera untuk memberi petunjuk pada pebalap.
Ada banyak bendera saat balapan ATC: Hijau, Kuning setrip Merah, Putih dengan Garis Diagonal Merah, Biru, Hitam-Putih, dan lain-lain. Semua memiliki arti berbeda dan tugas marshal untuk mengibarkannya.

Selain itu, marshall diperlukan untuk membantu pembalap yang mengalami kecelakaan dalam balapan. Peran marshall jadi paling terdepan ketika balapan berlangsung

Sirkuit Pertamina Mandalika mendapatkan kesempatan emas bisa turut serta menyelenggarakan ajang bergengsi ATC sesi ketiga dan keempat. Untuk sesi sebelumnya, ATC digelar di Qatar pada sesi pertama dan sesi kedua. Ini artinya Indonesia mendapatkan kepercayaan dari banyak negara di dunia karena memberikan kesempatan Indonesia sebagai tuan rumah gelaran acara bergengsi tersebut.

Kini pembalap asal Jepang bernama Taiyo berada di posisi puncak klasemen sementara setelah unggul dari rivalnya pembalap asal Malaysia bernama Danial Sharil dengan perolehan poin sebesar 100 dan selisih setidaknya 41 poin.

Untuk perwakilan Indonesia sendiri ada 4 yakni Azryan Dheyo, Herlian Dandi, Herjun Firdaus, dan Fadillah Aditama.