Daftar Lengkap Peraih Penghargaan Ballon d’Or 2021, Messi Berhasil Menjadi Pemain Terbaik

Peraih penghargaan Ballon d'or 2021 telah diumumkan, Messi berhasil jadi pemain terbaik. Berikut informasi daftar lengkap peraih penghargaan Ballon d'or 2021

Daftar Lengkap Peraih Penghargaan Ballon d’Or 2021, Messi Berhasil Menjadi Pemain Terbaik
Lionel Messi ketika menerima penghargaan pemain terbaik Ballon d'or 2021. Gambar : AFP/ Dok. FRANCK FIFE

BaperaNews - Para peraih penghargaan dalam ajang Ballon d’Or 2021 sudah diumumkan melalui Theatre du Chatelet, Paris, Perancis, pada Selasa (30/11/2021) dini hari WIB. Lionel Messi sang mega bintang sepak bola asal Argentina resmi meraih penghargaan Ballon d’Or 2021.

Pencapain Messi ini menjadikan Messi sebagai pemain terbaik dunia versi majalah olahraga Perancis, France Football. Messi yang memiliki julukan La Pulga semakin mempertegas dirinya sebagai pemain tersukses yang pernah memenangi Ballon d’Or 2021.

Kemenangan tahun ini merupakan kemenangan Messi yang ke tujuh kali. Sebelumnya, messi telah memenangkan penghargaan Ballon d’Or pada edisi 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, dan 2019. 

Pemain yang saat ini memperkuat Paris Saint-Germain itu mengungguli striker Bayern München, Robert Lewandowski, yang berada di posisi peringkat kedua. Sementara itu, pada posisi ketiga ditempati oleh gelandang Chelsea, Jorginho yang merupakan pemain terbaik Eropa 2021.

Perolehan penghargaan Ballon d’Or 2021 bagi Messi sendiri tak terlepas dari pencapaian manis yang dituainya pada musim lalu. Di level klub, Messi berhasil membawa mantan timnya Barcelona untuk meraih trofi juara Copa del Rey 2021. Dia juga sukses dengan pencapaian individu dengan menjadi top skor Liga Spanyol pada musim lalu dengan catatan gol mencapai 30 gol.

Selain itu, Messi juga berprestasi di level internasional dengan mengantarkan timnas Argentina menjuarai Copa America 2021. Gelar tersebut sekaligus menjadi trofi pertama yang Messi menangkan bersama timnas senior Argentina.

Pencapaian Messi di Copa America 2021 makin sempurna usai sang mega bintang turut menjadi pemain terbaik dan top skor turnamen. 

Pada penghargaan lainnya, Lewandowski dinobatkan sebagai penyerang terbaik pada ajang Ballon d’Or 2021. Lewandowski sendiri memang tajam pada musim lalu, dilihat dari catatan gol yang dimilikinya mencapai 48 gol dan Sembilan assist dari 40 laga bersama dengan Bayern Muenchen di semua ajang pada musim lalu.

Sementara itu, Pedri berhasil menyabet penghargaan untuk pemain muda usai sebelumnya ia memenangi Golden Boy 2021. Pedri berhasil merebut Kota Trophy atau penghargaan pemain U21 terbaik di ajang Ballon d’Or.

Kemudian, Gianluigi Donnarumma yang sukses mengantar timnas Italia Juara Euro 2020 berhasil menyabet Yashin Trophy atau trofi untuk kiper terbaik. Donnarumma sendiri memegang peranan penting dalam perjalanan timnas Italia juara Euro 2020.

Tercatat, Gianluigi memiliki tiga clean sheet dan menjadi pahlawan ketika Azzurri beradu penalti di semifinal (vs Spanyol) dan final (vs Inggris). Adapun gelar klub terbaik tahun ini jatuh kepada Chelsea yang sukses menjuarai Liga Champions 2021 dan Piala Super Eropa 2021.

Di sektor perempuan, terdapat Alexia Putellas yang berhasil mendapatkan penghargaan pesepakbola putri terbaik. Dia berperan besar saat Barcelona merebut juara Liga Champions 2021.

Berikut Daftar Peraih Penghargaan Ballon d'Or 2021: 

  • Pesepak Bola Putra Terbaik: Lionel Messi (Barcelona) 
  • Penyerang Terbaik: Robert Lewandowski (Bayern München) 
  • Pemain U21 Terbaik (Kopa Trophy): Pedri (Barcelona) 
  • Kiper Terbaik (Yachine Trophy): Gianluigi Donnarumma (AC Milan-Paris Saint-Germain) 
  • Pesepak Bola Putri Terbaik: Alexia Putellas (Barcelona) 
  • Klub Terbaik: Chelsea