8 Makanan Khas Tahun Baru Di Berbagai Negara

Berbagai macam makanan akan dihidangkan saat perayaan malam tahun baru. Berikut daftar makanan khas tahun baru di berbagai Negara.

8 Makanan Khas Tahun Baru Di Berbagai Negara
Makanan Khas Tahun Baru Di Berbagai Negara. Gambar : Unsplash.com/Dok. Stefan Vladimirov

BaperaNews - Tinggal menghitung hari, seluruh dunia akan merayakan pergantian tahun baru, dan setiap orang pasti memiliki tradisi makanan tahun baru yang berbeda-beda untuk merayakan penghujung tahun. Seperti hal nya menyajikan makanan khas Tahun Baru yang lezat untuk disantap bersama orang-orang terdekat. 

Berbagai macam makanan dihidangkan saat malam pergantian tahun baru tiba dan setiap negara di belahan dunia tentu memiliki makanan khas tahun baru masing-masing. 

Untuk mengetahui lebih jauh tentang makanan khas Tahun Baru di berbagai Negara, tim Redaksi BaperaNews akan memberikan informasi terkait hal tersebut. Simak daftar makanan khas Tahun Baru di berbagai Negara.

Baca Juga : Catat! Lokasi Perayaan Malam Tahun Baru 2023 Di Jakarta

8 Makanan Khas Tahun Baru Di Berbagai Negara

1. Kranksekage di Denmark dan Norwegia

Kranksekage di Denmark dan Norwegia. Gambar : Dok. Kvalifood

Saat perayaan tahun baru, masyarakat Denmark dan Norwegia punya sajian unik di atas meja makan. Sajian itu bernama kue kransekage yang memiliki bentuk bulat seperti donat.

Kue itu akan ditata menyerupai menara dan kadang ditambahkan hiasan bendera atau apapun di bagian kue paling atas, makanan ini terbuat dari bahan dasar marzipan dan akan disantap bersama minuman hangat tradisional saat malam pergantian tahun.

2. Acar Ikan Haring di Polandia dan Skandinavia

Acar Ikan Haring di Polandia dan Skandinavia. Gambar : Freepik.com/Dok. Ededchechine

Mayarakat Polandia dan Skandinavia memiliki menu khusus untuk merayakan pergantian tahun baru yang berbahan dasar acar ikan haring yang dipercaya bisa mendatangkan karunia besar di tahun selanjutnya. Selain itu, ikan ini juga sering dijadikan simbol kemakmuran.

3. King Cake di Perancis dan Bulgaria

King Cake di Perancis dan Bulgaria. Gambar : Freepik.com

King cake menjadi makanan wajib saat tahun baru di negara Perancis dan Bulgaria, keunikan makanan ini adalah adanya koin emas di dalam kue. Koin ini melambangkan adanya keberuntungan dan kemakmuran bagi yang menemukan atau yang memotong kue.

4. Mi Soba dan Mochi di Jepang

Mi Soba dan Mochi di Jepang. Gambar : Pixabay.com/Dok. Johnnys_pic 

Di Jepang ada dua menu makanan yang wajib disajikan saat malam tahun baru yaitu mi soba dan kue mochi.

5. Oliebollen di Belanda

Oliebollen di Belanda. Gambar : Pixabay.com/Dok. Kaboompics

Di Belanda ada menu makanan bernama oliebollen yang banyak dijajakan di gerobak. Makanan ini adalah salah satu jajanan tradisional Belanda yang dibuat dari adonan donat dan dibentuk bulat.

Dalam penyajiannya makanan ini akan diberi taburan gula bubuk dan kismis.

6. Buah Anggur di Spanyol

Buah Anggur di Spanyol. Gambar : Pixabay.com/Dok. Moscito1

Masyarakat Spanyol memiliki tradisi unik untuk merayakan tahun baru. Biasanya sebagian besar masyarakat Spanyol akan berkumpul di Puerta del Sol untuk melihat bel dibunyikan pada malam pergantian tahun. Selain itu mereka juga akan memakan buah anggur sebanyak 12 buah.

7. Tamale, Mexico

Tamale, Mexico. Gambar : Pixabay.com/Dok. Jorgerom

Makanan khas tahun baru dari Mexico,Tamale berbahan dasar adonan jagung berisi daging dan keju yang dibungkus menggunakan daun pisang atau kulit jagung. Mendekati pergantian tahun, kelompok perempuan di Mexico akan bekerja sama untuk membuat tamale dalam jumlah yang cukup banyak.

Nantinya, tamale akan dibagikan kepada teman, keluarga, dan tetangga saat tahun baru. Tamale kerap disajikan bersama menudo, yakni sejenis sup babat dan bubur jagung. 

8. Ikan herring, Polandia

Ikan herring, Polandia. Gambar : Freepik.com/Dok. Timolina

Ikan herring merupakan ikan yang paling banyak pasokannya di Polandia dan Scandinavia. Olahan ikan herring kerap disajikan saat malam tahun baru. Di Polandia, terdapat sajian olahan ikan herring bernama sledzie marynowane.

Makanan ini terbuat dari ikan herring yang direndam dalam air selama 24 jam. Ikan herring yang telah direndam nantinya akan dimasukan ke dalam stoples dengan tambahan bawang, allspice, gula, dan cuka putih. Sedangkan orang Scandinavia lebih sering mncampurkan ikan herring dengan ikan asap, acar, pate, dan bakso.

Itulah 8 makanan khas tahun baru di berbagai negara, nah kalau kamu biasanya makan apa nih saat malam pergantian tahun? 

Baca Juga : TMII Dibuka 24 Jam Saat Malam Tahun Baru 2023, Simak Harga Tiket Hingga Jadwal Acara