7 Ide Bisnis Musim Natal dan Tahun Baru, Bisa Jadi Ladang Cari Cuan

Musim Natal dan Tahun Baru sangat bagus dimanfaatkan untuk membuka bisnis yang miiki keuntungan dengan potensi besar. Meskipun bersifat musiman, 7 ide bisnis Natal dan Tahun Baru ini bisa meraup banyak cuan.

7 Ide Bisnis Musim Natal dan Tahun Baru, Bisa Jadi Ladang Cari Cuan
7 Ide bisnis musim Natak dan Tahun Baru. Gambar : unsplash.com/Dok. Annie Spratt

BaperaNews - Menyambut hari Natal dan Tahun Baru, ada banyak orang yang menantikan momentum ini sejak lama. Sebagian diantaranya bahkan ada yang sudah menabung cuti dan uang sejak awal tahun. Pasalnya, momen akhir tahun ini memang seringkali diisi dengan liburan atau berkumpul bersama orang-orang terkasih dan tukar kado maupun hampers. 

Menariknya, momentum tersebut juga bisa Anda manfaatkan untuk membuka bisnis musiman yang miiki keuntungan dengan potensi besar. Meskipun bersifat musiman, ide bisnis Natal dan Tahun Baru ini bisa meraup banyak cuan.

Biasanya ide bisnis musim Natal dan Tahun Baru pengusaha bisa mendapatkan omzet 2 hingga 3 kali lipat lebih besar saat Natal dan Tahun Baru dibanding bulan-bulan biasanya. Yuk Simak ide bisnis musim Natal dan ide bisnis Tahun Baru apa saja yang bisa menghasilkan cuan untuk Anda!

Baca Juga : Alasan Kenapa Tahun Baru Identik Dengan Kembang Api

Berikut 7 Ide Bisnis Natal dan Ide Bisnis Tahun Baru:

1. Jual Aksesoris Natal dan Tahun Baru

Ide bisnis Natal dan Tahun Baru yang sudah pasti terjual habis dengan menjual terompet, lampu hias, dekorasi Natal, topi Natal, hingga pohon Natal.

Selain itu, Anda juga bisa membuat ide bisnis musim Natal dan Tahun Baru dengan menjual perlengkapan bahan untuk membuat kado seperti kertas kado, bunga imitasi, pita Natal, dan sebagainya. Aksesoris ini akan banyak dicari sebagai pelengkap keceriaan Natal.

2.Jual Hampers dan Kado Natal

Tidak semua orang terampil dalam memilih kado ataupun membuat hampers Natal, bila Anda punya keahilan dalam memilih isi hampers dan membungkusnya, Anda bisa mencari cuan sebanyak banyaknya pada ide bisnis Natal ini.

3. Jual Kembang Api

Ide bisnis Tahun Baru yaitu bisnis kembang api, mesikupun terlihat agak cukup rumit karena perlu mengantongi izin dari aparat kepolisian karena kembang api terbuat dari bahan kimia yang mudah terbakar dan memiliki potensi mencelakai orang lain.

Adapun yang perlu diketahui sebagai persyaratan yang harus dipenuhi penjual kembang api adalah panjang kembang api tak boleh lebih dari 2 inci.

4. Jasa katering

Ide bisnis selama libur Natal dan Tahun Baru selanjutnya adalah membuka usaha jasa katering. Sebab, ketika libur terkadang orang tidak sempat memasak atau justru ingin beristirahat sehingga ingin membeli makanan katering.

Jenis makanan kateringnya pun bisa disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki hingga tren yang sedang berkembang. Misalnya, jika Anda bisa memasak makanan rumahan, tentu tidak ada salahnya usaha katering berupa makanan rumahan.

Jika ingin mengikuti tren, Anda bisa mempelajari cara membuatnya dulu. Misalnya, sedang tren Korean cake dan mille crepes. Namun pastikan cita rasanya sesuai dengan pasar yang akan digarap.

5. Jastip sembari liburan

Anda mungkin berpikir jika berlibur ketika momen Natal dan Tahun Baru maka tak bisa menjalankan bisnis. Padahal, bisnis tetap bisa dijalankan, salah satunya membuka jasa titip alias jastip.

Misalnya Anda berencana liburan ke Jepang atau Korea Selatan pada momen Nataru 2, nah, Anda bisa membuka jastip barang-barang yang hanya dijual di negara tersebut. Mulai dari skincare, make up, sampai sneakers.

Jika tidak berlibur ke luar negeri pun ide bisnis Natal dan ide bisnis Tahun Baru ini, Anda tetap bisa membuka jastip berupa oleh-oleh suatu daerah. Misalnya Anda akan berlibur ke Medan, Anda bisa membuka jastip Bolu Meranti, Bika Ambon Zulaikha, Ucok Durian, dan lainnya.

6. Jasa MUA

Jika Anda memiliki bakat make up, maka hal ini juga bisa dijadikan ide bisnis Natal dan Tahun Baru. Biasanya, perayaan Natal dan Tahun Baru menjadi momen diadakannya acara-acara penting.

Sebagian orang terkadang ingin tampil prima dengan make up yang menarik untuk datang ke acara-acara tersebut. Hal ini merupakan kesempatan untuk menawarkan jasa make up artist (MUA) kepada saudara, teman, dan kolega yang ingin pergi ke acara Natal dan Tahun Baru.

Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan jasa MUA ini. Jangan lupa, pajang juga hasil make up buatan Anda sebagai referensi agar jasa MUA ini dilirik.

7. Rental kendaraan

Saat libur Natal dan Tahun Baru pasti akan banyak orang yang berlibur dan membutuhkan kendaraan dan anda miliki sebuah kendaraan yang tak terpakai? Anda bisa jadikan ide bisnis Tahun Baru dan Natal ini dengan memasarkan usaha rental kendaraan ini di media sosial atau menawarkan ke teman-teman terdekat.

Namun, jangan lupa periksa dulu kelaikan kendaraan sebelum dirental dan seleksi ketat pihak yang boleh merental kendaraan kepada Anda untuk meminimalkan masalah di kemudian hari.

Baca Juga : Intip Tradisi Unik Perayaan Natal Di Setiap Negara