16.990 PNS Pindah ke IKN Pada 2024, Ini Tunjangan yang Didapat!

Sebanyak 16.990 ASN, TNI, dan Polri dipastikan akan pindah ke Ibu Kota Negara baru Nusantara (IKN) pada 2024 dan mendapat tunjangan biaya sesuai kebutuhan tiap ASN.

16.990 PNS Pindah ke IKN Pada 2024, Ini Tunjangan yang Didapat!
16.990 PNS Pindah ke IKN Pada 2024. Gambar : Dok. Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN)

BaperaNews - Sebanyak 16.990 ASN, TNI, dan Polri dipastikan akan pindah ke Ibu Kota Negara baru Nusantara (IKN). Informasi PNS pindah ke IKN tersebut disampaikan oleh Menteri PPN Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

“Semua personel tersebut akan ditempatkan di 211 tower apartemen yang berkapasitas 11.619 unit” tutur Suharso Monoarfa ketika berkunjung ke IKN pada Rabu (22/2) lalu.

Kebijakan PNS pindah ke IKN tersebut akan dilakukan secara bertahap mulai tahun 2024 mendatang. ASN, TNI, dan Polri yang dipindah ke IKN akan mendapat tunjangan biaya pindah sesuai aturan dan flexible facility arrangement sesuai kebutuhan tiap ASN.

“Dalam proses pemindahan nanti, bukan hanya ASN yang ditanggung pemerintah ya, 2 orang anak dan 1 asisten rumah tangga juga akan ditanggung oleh pemerintah” imbuhnya.

Selain itu, ada pula komponen biaya lain seperti uang harian selama pindah, biaya angkutan barang dan pengepakan, biaya transport, dan biaya penginapan atau ketika transit di Balikpapan.

Selanjutnya untuk mewujudkan visi IKN sebagai kota hutan yang hijau, modern, dan canggih, pemerintah akan membangun Embung Persemaian Mentawir yang dipakai sebagai sumber persemaian bibit pohon untuk proses reboisasi atau penghijauan kembali kawasan IKN.

Baca Juga : Pemerintah Beri 47 Apartemen Untuk ASN Hingga Polri di IKN

Embung tersebut dibuat dengan kapasitas air 40 liter per detiknya. Pembangunan fisik pada Januari 2023 lalu telah mencapai 98,04%. Proyek Embung telah dibuat sejak 24 Agustus 2022 hingga akhir Agustus 2022.

Selain konsep forest city, IKN juga mengusung konsep kota cerdas atau smart city dimana berbagai elemen di dalamnya akan dipertimbangkan dengan baik secara menyeluruh, IKN akan dibuat sebagai ibu kota Indonesia yang dinamis, inklusif didukung oleh masyarakatnya, dan siap hadapi masa depan.

“Komponen di IKN kota cerdas ini mencoba mengidentifikasi nilai tambah digitalnya atau teknologinya untuk memberi manfaat yang lebih besar di IKN secara menyeluruh” tutup Suharso Monoarfa.

Dengan adanya sejumlah biaya hidup yang ditanggung pemerintah untuk PNS pindah ke IKN, diharapkan akan melancarkan proses kepindahan nantinya. Penduduk di IKN nantinya akan dibatasi akan tidak terlalu padat seperti Jakarta.

Pemerintah akan mengelola sebaik mungkin IKN Nusantara akan bisa menjadi kota sesuai visi misinya. IKN Nusantara saat ini terus dibangun, diharapkan bisa selesai di tahun 2024 dan pada HUT RI 17 Agustus 2024 bisa dilaksanakan upacara kemerdekaan disana.

Baca Juga : Pembangunan 8 Lapangan Training Timnas di IKN Dibiayai FIFA